Wonder Woman Pointer

Rabu, 18 Mei 2011

Harmonika

Sejarah Harmonika



Harmonika adalah sebuah alat musik yang paling mudah dimainkan. Hanya tinggal meniup dan menghisapnya harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus. Harmonika berasal dari alat musik tradisional China yang bernama 'Sheng' yang telah digunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa.

Harmonika modern ditemukan pada tahun 1821 oleh Christian Friedrich Buschmann. Sebuah instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar dari logam yang disusun secara horozontal dengan desain yang kurang baik dan hanya menyediakan nada tiup kromatis.

Desain awal dari Buschmann akhirnya banyak ditiru dan dimodifikasi menjadi lebih baik. Salah satu contohnya adalah harmonika buatan Richter yang merupakan desain awal dari sebuah harmonika modern. Pada tahun 1826 ia mengembangkan variasi harmonika dengan 10 lubang tetap dan 20 pelat getar dengan pemisahan fungsi pelat yang ditiup dan yang dihisap. Pada akhirnya, nada yang dibuat oleh Richter disebut sebagai nada diatonis dan merupakan nada standard harmonika.
Tahun 1847 Keluarga Seydel "Johann Christian Seydel dan Christian August Seydel" yang sebelumnya adalah keluarga penambang di Sachsenberg-Georgenthal /Saxony mulai mengembangkan usaha pembuatan instrumen harmonika di karenakan kegiatan usaha penambangannya yang dihentikan.Pabrik pembuatan harmonika di tempatkan di Klingenthal di bawah kaki gunung 'Aschberg', selanjutnya seydel semakin mngukuhkan diri sebagai pabrikan harmonika di seluruh wilayah Saxony.
Tahun 1857 saat pengrajin jam Jerman bernama Matthias Hohner memutuskan untuk menjadi produsen harmonika. Dengan bantuan dari keluarganya, ia dapat memproduksi 650 harmonika tahun itu. Hohner memperkenalkan harmonika ke Amerika Utara pada 1862 sebuah langkah yang membawa pabrikan Hohner menjadi produsen nomor satu utnuk harmonika. Pada 1887 Hohner telah memproduksi lebih dari 1 juta harmonika per tahunnya. Sekarang, Hohner telah memproduksi lebih dari 90 model harmonika yang berbeda jenis, nada, dan model. Yang memungkinkan untuk memainkan berbagai macam gaya musik mulai dari pop, blues, rock, country, ska dan bermacam-macam lainnya. (Dari wikipedia dan berbagai sumber)

Jenis Harmonika 

Harmonika punya banyak jenis yang kita bisa bedain pakai kasat mata karena bentuknya bener-bener beda. Nah di sini gw mau coba jelasin dari masing-masing Harmonika itu sendiri. Mohon diperhatikan yah biar ga salah beli.

1. Diatonic Harp

Seperti yang ada digambar, diatonic bentuknya seperti itu. Punya 10 lubang, dan harmonika ini punya modal Richter-tuned yang artinya memungkinkan kita untuk memainkan 1 kunci harmonika di beberapa chord yang berbeda. Biasanya dipakai untuk mengiringi jenis musik Blues, Country, dan Folk, tapi ga menutup kemungkinan juga bisa diterapkan ke Jazz ataupun Classic.



2.Chromatic Harp

Bentuknya sudah jelas kelihatan beda sama Diatonic yang di atas. Ada pencetannya di sampingnya. Itu gunanya untuk menggeser slide penutup lobang yang ada untuk menghasilkan nada-nada cres. Contohnya di lobang nomer 3 itu bunyinya C berarti kalo kita tekan tombol itu maka bunyinya bisa jadi C# atau Db. Biasanya dipakai buat mengiringi jenis musik Pop, jazz, dan Classic.

3. Tremolo dan Echo Harp

Banyak yang bingung ngebedain antar Echo dan Tremolo Harp, sebenernya 2 jenis ini sama brur or sist. Dia punya ciri lobang yang bersusun dempet dan bodi yang panjang kyk gambar di atas. Hal ini terjadi karena umumnya Harmonika jenis ini punya 12 semitone yang bisa kita mainin. Fungsi dari harmonika jenis ini yah sesuai nama untuk memberi efek gema atau berulang pada nada yang kita mainkan. Biasanya untuk main Classic dan Harmonica Group bareng sama Chromatic dan Chord Harp di bawah , jarang banget dipakai buat solo.

4. Chord Harp


Nah ini baru engkongnya harmonika, gede banget brur ini. Hal ini terjadi karena dia bisa punya sampai 48 chord dan masing dibedakan dari lobang tiup dan lobang sedot. Ini bener-bener khusus cuma buat yang main Classic atau Harmonica Group.

http://lentera-rakyat.sos4um.com/t1099-jenis-harmonika

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar